Monday, August 18, 2008

5 kelebihan blog daripada website


Pada e-book Blog Profits Blueprint yang dibuat oleh Yaro Starak, saya menemukan apakah arti sebuah blog bagi Yaro Starak. Pada e-booknya dia merasa bahwa blog sendiri adalah sebuah website meskipun memang blog memiliki perbedaan dengan website. Yaro Starak merasa bahwa blog memiliki kelebihan daripada sebuah website. Beberapa kelebihan tersebut antara lain :

1.      Sebuah blog menampilkan artikel yang cukup kronologis dan artikel yang terbaru letaknya selalu diatas
Hal inilah yang membuat blog memiliki nilai plus, dimana sebuah blog selalu menampilkan suatu artikel secara kronologis dan memiliki aspek jurnalistik. Blog seperti jurnal atau diary online dimana artikel-artikel tersebut diurutkan berdasarkan waktu penulisan oleh sebab itu, sebuah blog selain bisa digunakan sebagai wadah pemikiran para blogger dan sebagai wadah tempat dia mencurahkan perasaannya karena blog sendiri memiliki cakupan topic yang luas
2.      Mudah untuk penambahan dan pengaturan konten
Blog memiliki beberapa kelebihan salah satunya adalah mudah untuk ditambahkan suatu konten. Hal ini berbeda dengan website, dimana untuk menambahkan sebuah konten harus ada perubahan secara teknis dan inilah yang membedakannya dengan blog dimana blog sangat mudah menambahkan sebuah konten. Dengan kemudahan itulah, yang menyebabkan blog memiliki variasi konten yang lebih banyak.
3.      Memiliki konten yang sering diupdate
Dibandingkan dengan website, sebuah blog memiliki kemudahan untuk mengupdate kontennya. Jika dilihat, untuk mengupdate konten sebuah website harus melakukan beberapa perubahan pada script HTML dan hanya sedikit orang yang mengerti. Padahal saat ini sudah banyak orang yang ingin melakukan beberapa variasi konten dan ingin melakukan beberapa perubahan. Hal ini berbeda untuk blog, dimana untuk melakukan update konten caranya lebih mudah dan orang biasa bisa melakukan update konten. Oleh karena itu, blog lebih mudah untuk di-update.
4.      Adanya komunikasi 2 arah dimana para pembaca bisa memberikan komentar.
Hal inilah yang biasanya membedakan sebuah blog dengan sebuah website. Pada penulisan sebuuah blog, para pembaca artikel dapat memberikan sebuah komentar atau saran kepada penulis atikel secara online. Berbeda dengan website, karena website hanya bersifat komunikasi 1 arah saja. Jadi para pembaca atau pengunjung tidak diberikan kesempatan untuk mengomentari suatu produk baik tulisan, barang maupun jasa.
5.      Seseorang lebih memandang keberadaan dan kepercayaan sebuah blog karena unsur komunikasi blog
Seseorang menganggap blog memiliki nilai plus, dimana blog bisa dijadikan sebagai sumber terpercaya karena blog sendiri memiliki konten yang terupdate sehingga semua orang bisa mengandalkan informasi sebuah blog. Selain itu dengan adanya komunikasi 2 aah pada blog, maka bisa terjadi perbaikan pada materi sebuah blog apabila terjadi kesalahan.
Sumber : Blog Profits Blueprint (terjemahan Indonesia) by Yaro Starak (Australia)

No comments yet