Monday, August 18, 2008

Cara penulisan artikel rich content dengan rumus artikel pilar


Salah satu kesulitan dalam menuliskan artikel yang rich konten adalah sulit membuat artikel yang bagus dan bisa menarik banyak pengunjung. Saya menemukan ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk membuat blog yang rich konten dan Yaro Starak menyebutnya sebagai artikel pilar. Artikel pilar adalah artikel yang memiliki topic bagus dan banyak diminati oleh pengunjung. Oleh sebab itu, cara ini bisa diterapkan oleh blogger yang ingin membuat blognya dialiri oleh traffic. Adapun cara yang bisa dipakai dalam membuat artikel pilar antara lain :

  1. Membuat artikel how to”. Maksud dari cara ini adalah kita memikirkan suatu topic atau tema yang sudah kita kuasai dan menuliskan sebuah artikel yang mengajarkan bagaimana melakukan sesuatu tentang topic tersebut. Jadi contohnya seperti ini : “Jika anda blogging tentang makanan, tulislah resep untuk menyiapkan hidangan”.
  2. Artikel definisi. Jadi disini adalah kita membuat artikel yang berisi tentang memaparkan sebuah konsep. Jadi disini kita memberikan sebuah konsep mengenai suatu topic. Usahakan agar jangan copy-paste. Lebih baih kita membuat definisi sesuai dengan bahasa kita sendiri.
  3. Mempresentasikan sebuah teori atau argument. Penerapan dari cara ini adalah dengan memberikan beberapa pemikiran unik mengenai beberapa topic yang fresh atau sedang marak dan kita tuliskan pada blog kita. Diharapkan pembaca merasa interested pada tulisan kita.
  4. Membuat sebuah sumber informasi. Jadi disini kita membuat sebuah tulisan yang berisi informasi atau artikel yang mengajarkan sesuatu. Kemudian artikel tersebut kita buat dalam bentuk pdf atau zip dan kita sebarkan secara gratis kemudian kita pada pef itu kita masukkan link-link kita.
  5. Membuat daftar artikel. Yang dimaksudkan membuat daftar artikel adalah membuat artikel yang memiliki daftar list didalamnya untuk sebuah topic yang menaik. Pasti anda bingung, baiklah contohnya seperti ini “Tujuh cara jitu untuk...” atau “10 tips Untuk Meningkatkan...” dll
  6. Blueprint teknis. Metode ini bisa diterapkan dengan membuat artikel yang berisi panduan-panduan mengenai langkah demi langkah yang disertai gambar yang mendemonstrasikan bagaimana melakukan sesuatu. Jadi contohnya sepeti saat kita melihat artikel yang berisikan cara mendaftar pada bisnis online atau yang lain. Biasanya artikel tesebut berisi langkah-langkah dan langkah-langkah tersebut dilengkapi dengan gambar-gambar
Cara-cara diatas saya dapatkan dari Yaro Starak. Saya harap bisa menambah pengetahuan anda dan bisa anda aplikasikan. Selamat mencoba!!
Sumber : Blog Profits Blueprint (terjemahan Indonesia) by Yaro Starak (Australia)

No comments yet